4 Unsur Baru Tabel Periodik


International Uniun of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) bulan Desember 2015 lalu mengumumkan secara resmi penemuan 4 unsur baru. Tapi pada saat itu unsur-unsur tersebut masih belum diberi nama. Unsur yang telah baru ditemukan yaitu unsur dengan nomor atom 113, 115, 117, dan 118. Unsur-unsur tersebut diletakan di periode tujuh dan di pojok kanan karena unsur-unsur tersebut mempunyai massa atom yang besar.

Untuk unsur dengan nomor atom 113 yang ditemukan di RIKEN Nishina Center for Accelerator-Based Science (Japan). Dikarenakan ditemukan di Jepang jadi tim ilmuwan yang menemukan unsur ini mengusulkan untuk memberi nama Nihonium dengan lambang unsur (Nh). Nihonium berasal dari Nihon (orang Jepang memanggil Jepang dengan Nihon yang berarti “Negeri matahari terbit”).

Unsur 115 diberi nama Moscovium disingkat menjadi (Mc) dan unsur 117 diberi nama Tennessine disingkat (Ts) yang keduanya ditemukan oleh tim peneliti yang berkolabori dari Dubna Livermore Oak Ridge.

Moscovium diambil dari Moscow, pemberian nama tersebut bertujuan untuk menghormati tanah kuno di Eropa yang merupakan tanah dari Joint Institute for Nuclear Research. Tennessine diambil dari tempat asal ORNL, Vanderbilt University dan University of Tennesse.

Fisikawan Rusia Yuri Oganessian juga terlibat dalam penemuan beberapa unsur tersebut. Dia menemukan unsur bernomor atom 118. Dan diputuskan nama unsur bernomor atom 118 itu Oganesson dengan symbol (Og) nama itu diusulkan untuk menghargai penemunya sendiri yaitu Yuri Oganessian.

“Ini menyenangkan, karena tempat di mana unsur tersebut ditemukan saling terkait” kata Prof. Jan Reedijk, Presiden divisi Kimia Anorganik dari organisasai IUPAC.

“Meskipun penamaan tersebut terdengar seperti pilihan pribadi tapi, nama-nama tersebut sudah sesuai dengan aturan IUPAC” ungkap Prof. Jan Reedijk.



Referensi : iupac.org

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak ^_^
EmoticonEmoticon