Ebook Fisika Dasar karangan Mikrajuddin Abdullah.

Dosen Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB, Prof. Dr. Eng. Mikrajuddin Abdullah meluncurkan buku elektronik Fisika Dasar jilid I yang dapat diunduh gratis lewat internet. Buku setebal seribu halaman tersebut ditujukan sebagai referensi belajar untuk mahasiswa tingkat pertama perguruan tinggi. Setelah digarap selama 12 tahun, pada Rabu (11/05/16) buku tersebut resmi beredar. 

Isi materi buku disusun sesuai dengan materi kuliah di kampus. Letak kebaruannya ada pada contoh dan data asli bersuasana Indonesia. Misalnya pada soal yang terkait pesawat terbang dan bandar udara, penulisnya mengambil kasus dan ilustasi nyata dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Mikrajuddin juga menyisipkan sentuhan teknologi terkini seperti pemakaian alat Global Positioning System, teknologi nano, dan partikel Tuhan. Mikrajuddin memanfaatkan data dan ilustrasi untuk materi buku dari catatan keseharian dan risetnya sendiri. Lama penulisannya pun tidak ditargetkan. "Sabar saja kuncinya," ujarnya.

Menurut Mikrajudin, ia membuat buku itu karena jenuh mengajar dengan buku-buku Fisika Dasar karya penulis luar negeri. "Selama 29 tahun mengajar, itu-itu saja bukunya, karangan Halliday-Resnick dan lainnya. Kenapa kita tidak buat sendiri?" ucapnya.

Ia ingin menulis buku yang dapat menonjolkan keindahan Fisika dari materi yang dipelajari. Selama ini, menurut Mikrajuddin, buku Fisika menakutkan orang karena banyak memakai rumus. Terlebih, banyak orang berkutat dengan rumus Fisika, tapi tak paham untuk apa fungsinya. Mikrajuddin menulis sekitar 2.000 halaman buku Fisika Dasar, yang terbagi atas dua bagian. Jilid kedua masih disiapkan dengan target selesai akhir 2016. Ide dan penulisan buku yang dilakukan sendiri secara non-komersial itu dibantu penata letak dan pengurus izin foto. 

"Siapa pun bisa pakai dan memperbanyak, asal tidak untuk komersial," kata Mikrajuddin.


Ebook tersebut bisa diakses link di bawah.

Download Via Mediafire



Kalo ada request Ebook untuk diupload bisa langsung comment.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak ^_^
EmoticonEmoticon