Hari Keantariksaan Nasional

Selamat hari keantariksaan nasional.


Hari ini, 6 Agustus 2016 diperingati sebagai hari keanntariksa nasional, kenapa tanggal sekian baca di sini, Hari ini di sini ga akan ngebahas soal sejarah hari keantariksaan tapi sekarang bakal ngebahasan tentang “Malam Langit Gelap”

“Malam Langit Gelap” adalah tema atau seruan LAPAN yang mengajak masyarakat untuk mematikan lampu diluar ruangan selama satu jam yaitu pada pukul 20.00-21.00 waktu setempat. Kampanye ini dilakukan agar masyarakat dapat kembali menyaksikan keindahan langit malam yang selama ini tersita akibat menyalanya setiap lampu yang membuat polusi cahaya.

Ngomong-ngomong apa sih pencemaran cahaya? Apa baru denger ada pencemaran cahaya, biasanyakan polusi air, polusi udara dan polusi tanah.

Polusi cahaya merupakan salah satu jenis polusi, sama seperti polusi air, polusi udara dan polusi tanah. Polusi cahaya adalah dampak merugikan yang diakibatkan oleh cahaya karena perbuatan manusia. Polusi cahaya berarti intesitas cahayanya melebihi batas minimum (terlalu besar) yang mengakibatkan para Astromom tidak dapat mengamati dan menemukan objek angkasa karena terlalu banyak cahaya yang menutupi langit malam.  Masih sedikit orang yang menyadari akan polusi cahaya ini dan bahkan tidak peduli atau tidak melakukan apa-apa untuk menanggulanginya. Bahkan karena polusi cahaya ini Amerika mengalami kerugian sebesar 1 milyar US dollar setiap tahunnya.

Polusi cahaya juga yang mengakibatkan bintang-bintang yang ada di langit malam malu-malu untuk keluar. Coba inget kembali dulu saat 7 atau 10 tahun ke belakang kalo setiap langit malam pasti terlihat bintang-bintang yang sangat indah. Karena sekarang udah banyak gedung-gedung dan rumah-rumah jadi intensitas cahaya di bumi semakin besar. Jadi susah deh liat bintang.

Jadi mengapa LAPAN melakukan kegiatan “Malam Langit Gelap” , Jelas karena LAPAN ingin mengajak masyarakat untuk megurangi polusi cahaya agar dapat menikmati malam yang terang oleh bintang dan juga untuk menghemat energi secara serentak. Oleh karena itu di momen Hari Keantariksaaan Nasional ini, Mari kita rayakan dengan kampanye “Malam Langit Gelap” cukup dengan mematikan lampu di luar ruangan hanya satu jam saja. Supaya kita bisa merasakan apa yang nenek moyang kita rasakan, melihat indahnya langit dan bisa menimba ilmu pengetahuan  yang bermanfaat ketika bintang menemani dan menyinari setiap malam.

Gelap-gelapan itu kan enak

Selamat Hari Keantariksaan Nasional

Turn the light off now 



Sumber gambar : infoastronomy.org

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak ^_^
EmoticonEmoticon