Teori Atom Dalton

Pada tahun 1808  Seorang Scientist dan Guru di English. John Dalton merumuskan definisi sesuatu yang tidak terlihat penyusun materi yang kita sebut dengan Atom. Pekerjaan Dalton ini adalah awal mula dari perkembangan Kimia Modern.

Model atom Dalton


Dalil Atom yang di rumuskan Dalton sebagai berikut :
  1. Semua Unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil dan tidak dapat dibagi-bagi lagi yang disebut Atom.
  2. Semua Atom dari unsur yang sama, mempunyai ukuran, massa dan sifat yang sama. Atom dari satu unsur berbeda dengan atom dari unsur lain.
  3. Selama reaksi kimia atom-atom hanya dapat bergabung dan dipecah menjadi atom-atom yang terpisah. Atom tidak dapat diciptakan dan dihancurkan.
  4. Suatu senyawa tersusun dari unsur-unsur melalui penggabungan atom yang berbeda dengan perbandingan sederhana.




Teori Atom Dalton ini bila dilihat dari Teori Atom yang paling Modern mempunyai beberapa kelemahan sebagai berikut :

  1. Dalton menerangkan bahwa atom adalah partikel terkecil dan tidak dapat dibagi-bagi lagi tetapi dengan kemajuan teknologi diketahui bahwa atom tersusun atas partikel dasar yang disebut : Proton, Elektron, dan Neutron.
  2. Dalton mempunyai anggapan bahwa perbandingan unsur dalam senyawa, selalu mempunyai perbandingan bulat dan sederhana. Tapi kenyataannya ada senyawa yang tidak memenuhi anggapannya tersebut contohnya C18H35O2Na.
  3. Dalton berpendapat bahwa atom dari suatu unsur mempunya segala kesamaan, tetapi sekarang ditemukan adanya isotop (mempunyai nomor atom yang sama tetapi nomor massa yang berbeda)


Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak ^_^
EmoticonEmoticon